Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno kembali mengunjungi Nusa Tenggara Barat (NTB)

  • Jumat, 07 Mei 2021 - 23:25:31 WIB
  • Budi Utami
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno kembali mengunjungi Nusa Tenggara Barat (NTB)

Dalam rangka kunjungan kerja selama 2 hari yakni pada tanggal 6-7 Mei 2021. Sandi Uno melakukan serangkaian kegiatan, mulai dari kunjungan ke sirkuit Mandalika , Gili Trawangan, hingga kawasan Sembalun di Lombok Timur.

Untuk pariwisata Lombok Timur, Sandiaga Uno menyinggung mengenai penataan kawasan wisata halal Sembalun dan desa wisatanya. Beliau menuturkan bahwa Lombok Timur perlu mendapat perhatian khusus untuk penataan destinasinya.

Beberapa catatan penting mengenai fokus Kemenparekraf RI berdasarkan hasil dialog kreatif dengan para pelaku ekraf di Sembalun, diantaranya:

1. Memulihan/membangkitkan pariwisata Sembalun lagi, dengan berkolaborasi dengan berbagai pihak.

2. Menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya, dan peluang usaha untuk masyarakat setempat.

3. Mengembangkan pariwisata berbasis alam terbuka dan budaya, yang berkualitas dan berkelanjutan.

4.  Memastikan Lombok Timur mendapatkan dana hibah pariwisata 2021.

5. Mewujudkan Sembalun menjadi destinasi andalan, destinasi unggulan, dan pusat ekonomi kreatif yang bisa menggerakkan ekonomi

Disela kunjungannya, Sandiaga Uno menyampaikan bahwa tahun lalu dana hibah yang diperoleh NTB mencapai 40 persen dari total dana hibah untuk pariwisata nasional. Sedangkan tahun ini jumlah tersebut  akan ditingkatkan. 

Sementara itu, Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengapresiasi semangat pemerintah pusat memberikan perhatian untuk menggairahkan kembali sektor pariwisata di NTB. Dia mengakui, bahwa kunjungan Menteri Pariwisata sudah kedua kalinya ke NTB. Kepedulian ini harus benar-benar dijaga sehingga kedepan banyak program yang dapat membatu pelaku pariwisata memulihkan kembali geliatnya.

Setelah semua rangkaian kegiatannya di sembalun selesai, perjalanan dilanjutkan menuju ke Pringgasela Untuk menyaksikan secara langsung salah satu pusat sentra tenun di Lombok.

Kemudian dilanjutkan ke desa wisata Kembang Kuning pada momen kali ini Sandiaga Uno menyaksikan berbagai produk ekraf masyarakat setempat dan juga mengunjungi beberapa homestay yang ada di desa wisata Kembang Kuning.

Terakhir, Sandiaga Uno beserta rombongan melaksanakan shalat Jum'at berjamaah di masjid Kotaraja sebelum kembali ke Bandara Internasional Lombok.

  • Jumat, 07 Mei 2021 - 23:25:31 WIB
  • Budi Utami

Berita Terkait Lainnya

Tidak ada artikel terkait